Introducing Vocaloid

minaa minaa… ^^
Belakangan ini CHiaki lagi ngidem banget sama VOCALOID… Kyaaaa XD
Awalnya CHiaki juga nggak tertarik sama grup vokal ini, tapi semenjak CHiharu-nee ngepost Hatsune Miku di AFAX, CHiaki jadi penasaran dan sekarang udah ketagihan… Sebenarnya Vocaloid itu adalah suatu program komputer buatan Yamaha, Jepang, yang bisa membuat lagu tanpa memerlukan seorang penyanyi!!

Wow, kok bisa?
Vocaloid sudah "merekam" sebuah suara sintetis (buatan) yang berbunyi huruf-huruf Jepang. Nantinya, jika kita ingin membuat lagu, kita hanya perlu membuat instrumen dan liriknya. Lirik itu nantinya akan dipaskan per hurufnya dalam instrumen dan nantinya secara otomatis membuat nada sesuai dengan instrumen yang dibuat. Intinya, program Vocaloid ini membuat lagu yang seluruhnya, dari instrumen sampai vokalnya, dibuat dengan mesin.

Program ini ada berbagai variasi, untuk mempermudah pengelompokannya, dibuatlah karakter anime untuk masing-masing suara. Ada Hatsune Miku yang terkenal dengan suara yang tinggi dan imut, ada Kaito dengan suara cowoknya yang keren abis, lalu si kembar Kagamine Len dan Rin yang memiliki suara imut-imut (tentunya ada yang cowok dan cewek), dan beberapa lagi. Di Jepang, sudah dijual album berisi kumpulan lagu yang dibuat oleh komposer Jepang terkenal menggunakan program ini.



Bayangkan, sampai Apple pun ikut mendistribusikan lagu-lagu tersebut melalui iTunes di internet. Penggemarnya pun sudah sampai di benua Amerika!

Karena begitu terkenalnya, "grup" Vocaloid ini sudah pernah mengadakan konser live lho! Gimana caranya? Mana bisa anime keluar dari komputer?? Memang teknologi sekarang sudah maju banget, ya… Jepang nggak kehabisan akal untuk memperoleh penghasilan. Mereka membuat semacam layar khusus yang bening untuk mengadakan konser itu. Untuk karakternya, mereka sudah men-design karakter-karakter tersebut secara 3D dan merekamnya dengan berbagai gerakan. Nantinya video karakter ini akan ditampilkan di layar bening tersebut sehingga seakan-akan karakter-karakter tersebut benar-benar muncul di panggung. Wow keren banget!! :0
*ada juga yang bilang kalau mereka memakai hologram untuk menampilkan karakter secara 3D.
Di bawah ini adalah beberapa potongan video Vocaloid Live Concert…









ternyata meski artisnya cuma bayangan, penggemarnya masih tetap histeris, khehekhe :p

Untuk pengenalan tokoh lebih lanjut, suatu saat nanti mungkin CHi akan postingkan… Oya, Vocaloid ini juga ada komiknya lho! Judulnya Hatsune Mix, info lebih lanjut nanti ada di postingan berikutnya…

Sekian dulu perkenalan Vocaloidnya… Kalau ada pertanyaan bisa comment di bawah :)

*Ngomong-ngomong, kalau menang Oscar sebagai penyanyi terbaik yang dapet pialanya siapa ya?? Hehehe

credit: TheToontoony (youtube)