Paprika



Paprika (パプリカ) adalah film animasi sci-fi buatan Jepang, berdasarkan novel karangan Yasutaka Tsutsui (1993), tentang penelitian oleh psikolog yang menggunakan alat yang memungkinkan terapis untuk masuk ke dalam mimpi pasien.
Film ini diproduksi oleh Madhouse Studios dan disutradarai oleh Satoshi Kon.

Menariknya, Paprika adalah film pertama yang menggunakan vocaloid untuk mengisi soundtrack-nya. Theme song dari paprika dinyanyikan oleh Lola, vocaloid generasi pertama.
Belakangan lagu tersebut dibuat ulang dan dinyanyikan oleh Kaito.

Sangat disayangkan, sutradara film keren ini, Satoshi Kon, telah meninggal karena menderita kanker pankreas. Cukup banyak karnya yang dihasilkannya mulai dari film animasi sampai manga.

*****

Di masa yang akan datang, akan ada pengobatan psikoterapi baru yang disebut 'terapi mimipi'. Dengan perangkat yang bernama 'DC Mini' memungkinkan pengguna untuk melihat bahkan masuk ke alam bawah sadar orang lain.

Sebelum alat ini diresmikan, doktor Atsuko Chiba, sang kepala penelitian, menggunakan alat ini secara diam-diam untuk membantu orang yang mempunyai masalah psikiatris. Chiba masuk ke dalam alam mimpi sebagai Paprika dan membantu menyelesaikan masalah pasien.

Sayangnya, sebelum alat ini diresmikan oleh pemerintah, 3 DC Mini dicuri dari tempat penelitian. Karena alat ini belum sempurna (masih dalam penelitian), DC Mini menjadi berbahaya karena pemegangnya dapat memasuki mimpi siapa saja dan mempengaruhi orang tersebut untuk berbuat jahat.
Korban-korban pun berjatuhan. Dunia nyata dan dunia mimpi seperti menjadi satu.

Dapatkah paprika menyelamatkan DC Mini dan dunia mimpi? Nikmati petualangan di dunia mimpi-dunia nyata bersama paprika!

Tonton filmnya di sini:
=== Paprika (Movie) ===

Trailer


Paprika Theme Song (vocaloid Lola)


** sebenarnya, Chiharu sudah tau ada film yang namanya 'Paprika' sejak ikut study tour ke singapur tahun 2007 yang lalu. Tapi Chiharu nggak tahu kalau itu film anime yang ternyata keren banget! nyesel deh nggak nonton dari dulu..