Ekiben


Ekiben adalah salah satu jenis bento yang dijual di stasiun kereta. Lalu, apa bedanya dengan bento biasa? Sebenarnya ekiben sama dengan bento, hanya saja karena dijual di kios-kios stasiun, ekiben dibungkus dengan rapi dan indah (packaging).




Walaupun dibungkus seperti itu, jangan samakan ekiben dengan makanan awetan yang dijual di supermarket! Ekiben tidak mengandung pengawet, karena ekiben ini dibuat beberapa jam sekali. Jadi pasti masih fresh saat dibeli. Bukti bahwa ekiben ini tidak berpengawet adalah tanggal kadaluarsanya. Pada ekiben tidak tertulis tanggal, melainkan jam. Contohnya 'mohon dimakan sebelum jam 6'.


Dimana kita bisa membeli ekiben? Ekiben dapat dibeli di stasiun dengan kereta yang menempuh perjalanan panjang, seperti di stasiun Tokyo. Kiosnya pun terletak di samping rel kereta, jadi tak perlu bingung mencarinya. Kita bisa pilih-pilih ekiben selagi menunggu kereta.
Selain itu, ekiben juga dijual di mall-mall yang ada di dekat stasiun.




Berapa harganya? hmm.. memang rata-rata ekiben mahal untuk jadi bekal perjalanan. Harganya berkisar antara 300 - 3000 yen. Jangan kira bisa kenyang dengan 300 yen, dengan uang segitu, kita hanya dapat snack kecil..
Harga bento yang lengkap (nasi+ikan+sayur) sekitar 700-1200 yen.



Tapi jangan mengurungkan niat untuk beli ekiben dulu, karena harga itu sesuai dengan apa yang kalian dapatkan.



Ekiben dibuat bukan hanya untuk mengenyangkan perut, tapi ekiben juga mencerminkan daerah dimana ekiben itu dijual. Seperti kanezushi (sushi daging kepiting) yang dapat dibeli di jalur Hokuriku Honsen yang terletak di daerah pinggir laut.
Apalagi penampilan ekiben yang sip banget, unik dan bervariasi. Makin gak nahan X)



Wisata kuliner ekiben? boleh juga tuh!

***

Ngomong-ngomong soal ekiben, ada komik berjudul 'Ekiben Hitoritabi'. Komik ini bercerita tentang seorang pria yang berkeliling Jepang dengan kereta untuk mencoba ekiben di berbagai tempat di Jepang.





Gomen! CHi belum menemukan link untuk membacanya..


credit : just bento, dll

Blog Archive